29 Mei 2009

Nabung bang bing bung

Sekarang gw lagi kesel banget karena abis di marahin nyokap gara2 gw minta ke bali lagi bareng temen2 liburan ini. Bukan dimarahin juga sih, tapi lebih tepatnya dinasihatin. Iyaaaa gitu deh gw di nasihatin supaya bisa mulai me-manage keuangan gw (yang amburadul sejak atm diblokir bokap, ha-ha). Dan secara wish list gw buat bokap yang udah semakin membludak, jadilah bokap nyokap gw resmi ngelarang gw buat ke bali. Dan dari tadi tuh yaaaaaaaaaaaaaaa, nyokap gw nasihatin gw berulang2 supaya gw bisa belajar buat nabung.

Nabung?

Well, honestly, i never really did that.

Parahnya, gw baru sadar detik ini, kalo gw tuh ternyata emang ga pernah (dan ga bisa) nabung. Dan gw juga baru sadar kalo ternyata tuh nyokap bokap gw udah ngajarin gw nabung dari duluuuuuu bgt dan fatalnya, semua yang udah diajarin nyokap bokap gw itu, ga pernah berakhir sukses deh. Ini beberapa hal yang gw inget betapa buruknya gw me-manage keuangan:

1. Waktu baru masuk sma, bokap gw bikinin gw atm dengan budget tertentu per bulan, tujuannya sih biar tiap bulannya gw bisa nyisihin sebagian dari uang itu. Tapi masalahnya, uang bulanan yang bokap gw kasih tuh jumlahnya menggiurkan banget buat gw yang masih piyik-piyik gitu. Jadi bukannya gw sisihin, malahan gw bisa2 ga makan di minggu ke-4 setiap bulannya gara2 gw udah kalap duluan di awal bulan. Gw jadi konsumtif banget, semua barang yang gw suka, even if it doesn't really necessary, pasti gw beli. Dan tanpa bokap nyokap gw tau, gw terus ngelakuin hal kaya gitu (defisit di minggu terakhir setiap bulannya) selama gw kelas 1 sma!

2. Pas naik kelas 2 sma, aktifitas gw bertambah, mulai dari join member di celeb, ekskul cheers sampe les lia. Otomatis bokap gw nambahin budget uang bulanan atm gw (yang bikin gw makin kalap). Sampe di suatu bulan, di minggu ke-4 nya (seperti biasa) gw mulai defisit dan gw memutuskan untuk ngambil spp gw bulan itu (gw pikir kan "ah ntar bulan depan gw lunasin deh pake uang bulanan gw") dan fatalnya, ternyata gw nglakuin hal kaya gitu sampe 5 kali, yang berarti, gw ngambil uang spp gw 5 bulaaaaaaaan! Jadi deh di akhir semester 1 gw di kelas 2 sma, gw ketar-ketir sendiri mikirin gimana caranya ngelunasin spp 5 bulan, soalnya ternyata (gw dulu baru tau) kalo spp 1 semester belom lunas tuh ga bisa ngambil raport. Dan yah, akhirnya, pas bokap gw ngambil raport, speechless deh dia ngeliat kartu spp gw yang masih kosong. Bokap ga marah sih, 'cuma' ngeblokir atm gw doang kok :'''''''''''''-(

3. Di semester 2 kelas 2, bokap gw bener-bener ga mau ngasih gw atm lagi. Sampe pada suatu hari bokap gw ngasih gw credit card. Tujuannya, biar uang cash yang bokap gw kasih ke gw, bisa gw sisihin setiap bulannya, jadi kalo gw mau beli apa-apa yang perlu, ya tinggal pake credit card itu aja. Dulu sih di bayangan gw "credit card? waaaaw sounds cool deh". Tapi setelah gw liat credit card yang dikasih bokap gw, duh bener2 ga ada cool2nya deh, bentuknya mini terus ada gambar tazmania-nya gitu (credit card for teen-nya bca itu loh). Terus, dengan begonya di minggu pertama gw udah ngeludesin limit credit card itu. Iya, jadi credit card itu bener2 gw ludesin cuma untuk beli beberapa baju di pim. Soalnya dulu gw mikirnya gw kan tetep dikasih uang cash buat keperluan sehari-hari, jadi gw bisa beli apapun yang gw suka dong pake credit card ini, toh bokap nyokap gw ga bakal tau (duh bego banget ga sih?). Sampe pas nyokap gw marah2 karena limit credit card gw bisa abis secepet itu, gw cuma bengong sambil mikir "loh kok bisa ketauan ya?". Begooooooooooooooo

4. Dan bahkan sampe sekarang gw kelas 3, gw (masih) belom bisa nabung. But it doesn't mean i wasn't trying. Sering banget gw nyoba buat nyisihin uang gw setiap harinya di sela dompet gw (just like some of my friends did) but it doesn't work, at all.

fyi, beberapa hari yang lalu bokap gw ngasih flazz card nya bca itu loh, haha.
Ya gitu deh semacam kartu yang bisa di isi saldo lewat atm, terus fungsinya kaya uang cash, yang tinggal kita pake di toko atau counter yang nyediain pembayaran flazz card.
Awalnya gw pikir agak ga guna ah, tapi lama-lama seru juga sih haha norak.

Jadi ya intinya, sampe sekarang, gw belom pernah menghasilkan apa-apa dari uang yang gw tabung. Suka iri deh, liat temen gw yang bisa beli sesuatu pake hasil uang yang dia tabung. Ngeliat temen gw yang kaya gitu, bahkan bikin gw mikir, kok bisa ya dia nahan godaan2 belanja diluar sana 'cuma' karena tabungan? Tapi salah satu sahabat gw, Manda, juga sama banget kok kaya gw. Selalu berusaha nabung walaupun tau ujung-ujungnya ga bakal sukses, haha. Yang penting sih keep trying aja, sampe suatu saat bakal ada rasa kesadaran buat nabung yang bener2 serius.

Oke mulai sekarang gw mau belajar nabung (lagi),
Seriously!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar